Home » » Sendang Made Kudu Jombang

Sendang Made Kudu Jombang

Menurut sejarah, Sendang Made mulai dari pernikahan Damarwangsa, bernama Putri Sekarwati dengan seorang pangeran dari kerajaan Bali yang bernama Airlangga, tapi kemudian diserang oleh Prabu Wora Wari dari Tulungagung. Kemudian kelompok diselamatkan oleh Prabu Narotama untuk melawan Lawu dan berakhir di kolam, disertai dengan lima perempuan menunggu. Selain itu, kolam yang Sendang Made sebagai ‘Nyepi’ (aktivitas meditasi) tempat Prabu Airlangga bersama istrinya, wanita menunggu dan banyak prajurit, setelah diserang oleh kerajaan lain.
Sendang / kolam dengan 8 m X lebar 11 m, terlihat bahwa masih dipertahankan.bangunan ini juga tampak lengkap. Hal ini juga memiliki partisi ruangan di sekitarnya, yang bertujuan untuk tempat beristirahat Prabu Brawijaya kelompok pada saat itu.
Mengapa kolam ini disebut Sendang Made? Karena kolam ini terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang.
Selain Sendang Made, ada kolam kecil lain di sekitarnya, seperti; Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Drajat, Sendang Sinden dan Sendang Omben.
Yang lainnya unik adalah kami tidak diperbolehkan membangun atau renovasi untuk bangunan sekitar Sendang Made. Ini bertujuan untuk merawat kepenuhannya nilai sejarah.
Untuk mencapai Sendang Made, kita dapat menggunakan berbagai kendaraan. Ada tempat parkir yang luas, membuat kolam yang kompeten menjadi tempat rekreasi untuk Jombang publik dan khususnya untuk wisatawan.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Cak Madji - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger